Syarat-Berlakunya-Garansi-Samsung-Indonesia

3 Cara Cek IMEI Garansi Samsung

Eksistensi dari Samsung di Indonesia terus terjaga berkat konsistensinya dalam meluncurkan berbagai macam produk elektronik. Selain itu, layanan terbaik yang diberikan juga menjadi salah satu kunci penting kesuksesan Samsung hingga saat ini, terutama di pasar Indonesia.

Contoh layanan unggulan Samsung, adalah garansi selama 1 tahun penuh untuk setiap produk smartphone dan watch yang dipasarkan. Jika Anda juga merupakan pengguna smartphone atau watch Samsung, maka wajib tahu cara cek garansi Samsung Indonesia.

Syarat Berlakunya Garansi Samsung Indonesia

Syarat-Berlakunya-Garansi-Samsung-Indonesia

Nah, sebelum masuk ke pembahasan utama yakni cara cek garansi Samsung Indonesia, Anda perlu tahu syarat yang harus dipenuhi agar dapat menggunakan garansi yang diberikan oleh Samsung. Berikut ini beberapa syarat berlakunya garansi Samsung Indonesia.

  • Garansi Samsung Indonesia hanya berlaku pada smartphone dan watch Samsung yang dijual oleh PT. SEIN (Samsung Electronics Indonesia). Jadi jika perangkat yang Anda gunakan didapatkan dari Black Market, maka tidak bisa menggunakan garansi resmi Samsung Indonesia.
  • Semua biaya jasa perbaikan serta pembelian suku cadang akan ditanggung oleh pihak Samsung sepenuhnya, dengan catatan masih dalam jangka waktu garansi berlaku.
  • Masa berlaku garansi smartphone dan watch Samsung adalah selama 12 bulan. Jika sudah melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka garansi tidak bisa digunakan.
  • Ketika Anda mengklaim garansi ke Service Center Samsung, maka wajib untuk membawa kartu garansi. Selain itu, klaim garansi ini hanya bisa dilakukan di Service Center Samsung Resmi yang ada di hampir semua kota di Indonesia.
👉 Trending  Cara Mudah Mencari 18++ di Google Tanpa VPN

Penyebab Garansi Samsung Indonesia Tidak Berlaku

Penyebab-Garansi-Samsung-Indonesia-Tidak-Berlaku

Selain memenuhi beberapa syarat di atas, pastikan pula kondisi perangkat yang Anda gunakan masih bisa untuk klaim garansi. Pasalnya, ada beberapa hal yang dapat membuat garansi Samsung hangus. Berikut ini beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Salah satu hal yang menyebabkan garansi Samsung tidak berlaku jika data yang ada pada buku garansi tidak lengkap. Seperti halnya tidak tertulis nomor seri, IMEI, maupun model.
  • Garansi Samsung tidak akan berlaku jika kerusakan diakibatkan oleh penggunaan yang tidak sesuai pada buku petunjuk. Contohnya seperti sengaja memasukkan perangkat ke dalam air atau dengan sengaja menjatuhkannya.
  • Informasi tentang model, nomor seri, dan IMEI produk yang ada di dalam buk garansi sudah diubah atau dihapus.
  • Garasi tidak berlaku jika kerusakan yang diakibatkan penggunaan sehari-hari, seperti berkarat, tergores, salah posisi ketika menyimpan, berjamur, dan terkena noda.
  • Kerusakan terjadi karena kesalahan pengguna seperti layar retak atau pecah akibat tertekan dan terjadi konsleting karena charger yang digunakan tidak original.
  • Segel atau hologram sudah rusak, suku cadang telah diganti dengan suku cadang yang bukan original oleh pengguna diluar ketentuan dari Samsung, dan sudah dibuka atau diperbaiki bukan oleh teknisi resmi Samsung.
  • Modifikasi software yang telah dilakukan, seperti penggunaan root, custom root, dan lain sebagainya.
  • Kerusakan terjadi karena bencana alam.
  • Masa garansi resmi dari Samsung telah habis atau sudah lebih dari satu tahun.
👉 Trending  7 Cara Cek Nomor XL Sendiri

Cara Cek Garansi Samsung Indonesia Sendiri

Jika Anda membeli smartphone atau watch Samsung baru, tentu saja sudah bisa langsung mengetahui masa garansinya. Namun bagaimana jika perangkat yang dibeli dalam keadaan bekas? Nah, hal ini yang sering menjadi permasalahan, karena Anda tidak bisa tahu secara pasti masa berlaku garansi perangkat.

Jadi, Anda perlu untuk berhati-hati pada saat membeli perangkat Samsung bekas. Bisa jadi perangkat yang dibeli ilegal atau berasal dari Black Market, sehingga Anda tidak akan memperoleh garansi resmi Samsung Indonesia. Untuk mencegah hal itu, maka Anda bisa mengecek garansi dengan cara sebagai berikut ini.

  • Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengetahui nomor IMEI dari perangkat yang digunakan. Pasalnya nomor IMEI ini nantinya akan digunakan untuk mengetahui informasi mengenai dimana perangkat tersebut dibuat. Jadi Anda akan tahu asli atau tidak.
  • Terdapat beberapa cara mengecek IMEI Samsung yang bisa dilakukan. Cara paling mudah adalah dengan melihatnya di bagian menu pengaturan atau dusbook perangkat tersebut.
  • Selain itu, Anda juga dapat mengecek IMEI dengan menggunakan kode rahasia Samsung yakni *#06*# melalui menu Dial Up Telepon.
👉 Trending  3 Cara Menggabungkan File PDF Online & Offline

Selain-itu-Anda-juga-dapat-mengecek-IMEI-dengan-menggunakan-kode-rahasia-Samsung-yakni-06-melalui-menu-Dial-Up-Telepon

  • Tunggu selama beberapa saat, maka nomor IMEI akan muncul secara otomatis di layar ponsel Anda.
  • Jika sudah berhasil mengetahui nomor IMEI, maka tahap selanjutnya adalah melihat informasi yang ditampilkan oleh nomor IMEI. Cara untuk menampilkan informasi tersebut, adalah dengan mengunjungi situs imei.info.
  • Apabila situs tersebut sudah terbuka, langsung saja masukkan nomor IMEI perangkat Anda pada kolom pencarian yang tersedia.
  • Nantinya akan muncul beberapa informasi seperti Brand, Mode, serta nomor IMEI.

Nantinya-akan-muncul-beberapa-informasi-seperti-Brand-Mode-serta-nomor-IMEI

  • Langkah berikutnya, Anda dapat tap pada menu Check SN / Warranty / Carrier.
  • Ketika sudah masuk ke dalam menu ini, tap saja pada tombol CHECK SN & WARRANTY & CARRIER. Tunggu hingga proses loading selesai.
  • Nantinya informasi yang muncul bisa Anda gunakan sebagai patokan untuk menentuka masa berlaku garansi Samsung untuk perangkat. Jika dari tanggal pembuatan belum ada satu tahun dan termasuk dalam region Indonesia, maka bisa dipastikan masa garansinya masih aktif. 
👉 Trending  Cara Masuk/Menjalankan Mode Clean Boot

Cara Cek Garansi Samsung Indonesia Dengan Bantuan Customer Service Online

Jika Anda tidak bisa mengecek garansi Samsung Indonesia menggunakan cara yang sudah dijelaskan di atas, maka tidak usah khawatir. Masih ada cara yang bisa dicoba, yakni dengan menghubungi customer service Samsung dengan cara cara berikut.

1. Melalui WhatsApp Chat

Melalui-WhatsApp-Chat

Cara pertama untuk menghubungi customer service online adalah melalui WhatsApp Chat. Anda hanya perlu chat pada nomor 0818-02155777 di WhatsApp, dan langsung saja tanyakan seputar perangkat Samsung yang digunakan termasuk juga dengan masa garansi.

2. Melalui Email

Melalui-Email

Cara berikutnya adalah menghubungi customer service melalui Email. Untuk melakukannya, Anda dapat mengunjungi halaman www.samsung.com/id/support/email/ dan tanyakan masa garansi. Nantinya pihak customer service akan memberi jawaban melalui email Anda.

👉 Trending  2 Cara Share Lokasi di Whatsapp Android/Iphone

3. Melalui Fitur Live Chat

Melalui-Fitur-Live-Chat

Cara untuk menghubungi customer service yang ketiga adalah dengan menggunakan fitur Live Chat Samsung. Fitur tersebut dapat diakses di halaman livechat.support.samsung.com/Customer new/ID. Pada halaman tersebut, Anda bisa langsung menanyakan mengenai masa garansi.

Cara Cek Garansi Samsung Indonesia Dengan Langsung Mengunjungi Service Center

Cara-Cek-Garansi-Samsung-Indonesia-Dengan-Langsung-Mengunjungi-Service-Center

Jika dibandingkan dari beberapa cara di atas sebenarnya cara satu ini adalah yang paling mudah, namun hanya memakan waktu lebih banyak. Yakni dengan langsung mengunjungi Service Center Samsung terdekat. Kemudian langsung saja tanyakan garansi perangkat Anda pada pihak customer service.

Mungkin bagi sebagian orang cara cek garansi Samsung Indonesia ini terasa kurang penting. Namun jika Anda masih bisa mendapatkan pelayanan penuh dan gratis, kenapa tidak melakukannya. Dibandingkan harus mengeluarkan uang, dan belum tentu kondisi perangkat kembali seperti semula.

👉 Trending  Solusi Microsoft Store Tidak Bisa Download dan Update Aplikasi