Mengenal-WA-Web

WhatsApp Web

Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Whatsapp sudah mengalami banyak perkembangan. Salah satunya hasil dari perkembangan tersebut adalah kehadiran Whatsapp Web. Apa yang dimaksud dengan WA Web dan bagaimana caramenggunakannya? Simak penjelasan berikut ini.

Whatsapp sendiri sudah menjadi sebuah aplikasi “wajib” di semua smartphone. Hampir semua orang kini telah menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi. Tak hanya komunikasi antar pribadi, komunikasi untuk kebutuhan pekerjaan dan bisnis juga lebih banyak menggunakan Whatsapp.

Mengenal WA Web

Mengenal-WA-Web

Whatsapp Web adalah salah satu fitur Whatsapp yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi antara smartphone dengan PC atau laptop, melalui browser dan aplikasi. Dengan fitur ini, Anda bisa mengoperasikan Whatsapp tanpa harus menyentuh smartphone.

Fitur Whatsapp Web sangat berguna untuk Anda yang lebih sering menggunakan laptop dan komputer ketika bekerja. Jadi, Anda tak harus berulang kali mengecek handphone untuk mengecek dan membalas pesan Whatsapp.

Tak hanya membalas pesan, Anda juga bisa mengirim dokumen, gambar, dan melakukan banyak hal lain dengan Whatsapp Web. Meskipun tidak semua tools yang adad di aplikasi Whatsapp bisa diakses melalui Whatsapp Web, fitur ini sudah sangat membantu.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu akan keberadaan fitur canggih yang satu ini. Alasannya karena jarang digunakan. Terlebih orang sering bekerja menggunakan komputer atau laptop jumlahnya masih sedikit di Indonesia.

Sejak pandemi melanda, ada peraturan baru yaitu work from home (WFH) serta school from home (SFH). Hal ini membuat sebagian masyarakat Indonesia lebih banyak bekerja menggunakan PC atau laptop. Penggunaan WA Web juga turut mengalami peningkatan.

Keunggulan Whatsapp Web

Setelah berkenalan dengan salah fitur Whatsapp Web, sebaiknya Anda juga memahami poin-poin yang menjadi keunggulan atau kelebihan dari fitur tersebut. Ada empat buah keunggulan Whatsapp Web yang akan dijelaskan di bawah ini.

👉 Trending  Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Tanpa Root

1. Hemat Waktu

Hemat-Waktu

Whatsapp Web akan membantu Anda mengurangi intensitas membuka handphone untuk mengecek dan membalas pesan Whatsapp. Anda bisa tetap membuka dan membalas pesan Whatsapp dengan komputer atau laptop ketika Anda tengah melakukan pekerjaan dengan perangkat tersebut.

2. Mengetik Lebih Cepat

mengetik-lebih-cepat

Untuk mengetik di handphone, Anda mungkin hanya bisa menggunakan dua jari, yaitu ibu jari kanan dan kiri. Sementara dengan laptop atau komputer, Anda dapat menggunakan 10 jari sekaligus. Artinya, kecepatan mengetik pun lebih tinggi.

Waktu yang Anda perlukan untuk mengetik pesan yang panjang akan menjadi lebih singkat apabila menggunakan Whatsapp Web. Oleh karena itu, menggunakan WA Web sangat disarankan untuk Anda yang ingin fast response.

3. Ringan

Ringan-scaled

Seperti namanya, Whatsapp Web menggunakan basis halaman web sehingga bisa berjalan dengan lebih ringan. Versi aplikasi dari Whatsapp Web juga sama-sama ringan. Jadi, pilihan ada di tangan Anda, mau menggunakan versi website atau aplikasi.

4. Kirim File Langsung dari Komputer

Kirim-File-Langsung-dari-Komputer

Anda yang sering mengirimkan file berupa dokumen melalui chat WA sangat disarankan untuk menggunakan Whatsapp Web.

Dengan membuka WA Web melalui laptop atau PC, Anda bisa mengirim langsung sebuah file atau dokumen tanpa harus memindahkannya ke handphone terlebih dahulu. Tapi tak jarang juga pengguna Whatsapp yang memanfaatkan fitur ini untuk memindahkan file dari HP ke laptop dan sebaliknya.

Kelemahan Whatsapp Web

Pepatah mengatakan bahwa tak ada gading yang tak retak. Artinya, semua hal pasti memiliki kekurangan atau cacat. Pepatah tersebut juga berlaku untuk Whatsapp Web. Fitur WA yang satu ini juga memiliki beberapa kelemahan berikut ini.

👉 Trending  Paket Nelpon XL Lengkap Dengan Gambar

1. Sangat Bergantung pada Smartphone

Sangat-Bergantung-pada-Smartphone

Untuk menggunakan Whatsapp Web, pengguna harus melakukan scan barcode. Setelah itu, Whatsapp Web akan berjalan setelah terhubung dengan aplikasi di smartphone. Whatsapp web memang bisa dibuka melalui komputer namun tidak bisa berjalan sendiri.

WA Web sangat bergantung pada aplikasi WA yang ada di smartphone. Misalnya ketika smartphone tidak terhubung dengan internet, Whatsapp Web juga tidak bisa digunakan meskipun laptop dalam kondisi online.

Beberapa pengguna juga harus selalu membuka aplikasi WA di smartphone jika ingin tetap terhubung dengan Whatsapp Web. Jika layar mati atau smartphone terkunci, koneksi antara Whatsapp Web dengan aplikasi juga terputus. Namun kejadian seperti ini cukup jarang ditemukan.

2. Menguras Baterai Smartphone

Menguras-Baterai-Smartphone

Karena sangat bergantung pada handphone, mengaktifkan WA Web justru akan menguras baterai lebih cepat. Pasalnya, handphone diharuskan untuk bekerja dua kali lipat, yaitu menjalankan Whatsapp sekaligus melakukan update terus menerus untuk menjaga sinkronasi dengan Whatsapp Web.

3. Jaringan Internet Wajib Stabil

Jaringan-Internet-Wajib-Stabil

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, jalannya Whatsapp Web sangat bergantung pada aplikasi Whatsapp yang ada di aplikasi smartphone. Sinyal yang ada di smartphone dan laptop juga wajib stabil untuk menjaga agar keduanya tetap terhubung.

Jika salah satu atau kedua perangkat tersebut tidak memiliki koneksi internet yang stabil, proses sinkronasi juga akan terganggu.

4. Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Tidak-Bisa-Melakukan-Panggilan

Whatsapp tak hanya digunakan untuk berkirim pesan, namun juga melakukan panggilan suara dan video. Sayangnya, Whatsapp Web masih belum mendukung fitur panggilan tersebut. Jadi, Anda terpaksa harus menggunakan smartphone jika ingin melakukan panggilan.

👉 Trending  Cara Mengatasi Runtime Error di Windows Terbukti Berhasil

Sebenarnya saat ini Whatsapp Web sudah mendukung fitur voice dan video call, Namun perangkat yang mendukung masih sangat terbatas karena saat ini fitur tersebut masih diuji dalam versi beta.

Tutorial Menggunakan WA Web

Cara menggunakan Whatsapp Web sebenarnya sangat mudah. Kalau Anda sudah familier dengan Whatsapp versi mobile, pasti tidak akan sulit untuk mengoperasikan WA Web. Sebelum membahas tutorial, sebaiknya Anda menyiapkan smartphone serta laptop terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk mempersiapkan koneksi internet yang stabil untuk kedua perangkat tersebut. Hal ini penting karena Whatsapp Web tidak akan bisa berjalan tanpa koneksi yang lancar dan stabil.

1. Cara Mengakses Whatsapp Web

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk mengakses Whatsapp Web yaitu melalui aplikasi dan browser. Langsung saja, simak tutorial mengakses Whatsapp Web di selengkapnya di bawah ini.

Melalui Aplikasi

Jika ingin menggunakan aplikasi, Anda perlu mendownload dan install terlebih dahulu. Silakan ikuti panduan berikut ini.

  • Langkah pertama, buka browser yang biasa Anda gunakan misalnya Chrome, Firefox, atau Safari.
  • Klik pada address bar kemudian ketik alamat berikut ini com. Tekan tombol enter untuk mulai memuat halaman.
  • Selanjutnya, klik pada menu Download.

Selanjutnya-klik-pada-menu-Download

  • Anda akan diarahkan ke halaman Download. Di sini Anda harus memilih tombol Download yang ada di bagian Mac or Windows PC. Klik salah satu tombol Download yang sesuai dengan perangkat Anda.
  • Tunggu sampai proses downloadnya selesai.
  • Jika sudah, Anda bisa membuka file installer yang sudah berhasil didownload sebelumnya. Lakukan proses install seperti biasa.
  • Ketika proses install sudah berhasil, Anda akan melihat ikon Whatsapp di desktop atau taskbar.
👉 Trending  Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp

Ketika-proses-install-sudah-berhasil-Anda-akan-melihat-ikon-Whatsapp-di-desktop-atau-taskbar

  • Klik pada ikon tersebut untuk mulai menjalankan aplikasi Whatsapp Web.

Melalui Browser

Tidak ingin repot menginstall aplikasi? Anda masih bisa menggunakan browser untuk mengakses Whatsapp Web. Caranya lebih mudah dan sederhana seperti di bawah ini.

  • Sama seperti tutorial sebelumnya, Anda juga diharuskan untuk membuka browser terlebih dahulu.
  • Setelah itu, ketik URL berikut ini pada address bar: whatsapp.com.

Setelah-itu-ketik-URL-berikut-ini-pada-address-bar-webwhatsappcom

  • Tekan enter untuk memulai proses loading.

2. Login

Apakah Anda sudah paham bagaimana cara untuk mengakses WA Web? Mari lanjutkan pembahasan ini dengan cara untuk loginatau masuk ke Whatsapp Web. Karena ada sedikit perbedaan antara Android dan iOS, tutorialnya akan dibagi menjadi dua.

Android

Pengguna Android dapat mengikuti tutorial di bawah ini.

  • Pastikan Anda sudah membuka laman Whatsapp Web melalui aplikasi maupun browser di laptop.
  • Buka aplikasi Whatsapp yang sudah ada di smartphone Anda.
  • Kemudian, klik ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas tampilan aplikasi Whatsapp untuk menampilkan menu.
  • Klik pada opsi Whatsapp Web.

Klik-pada-opsi-Whatsapp-Web

  • Scan barcode yang tampil di WA Web
  • Tunggu sesaat sampai proses sinkronasi berhasil dilakukan.

Apabila Anda berhasil login ke Whatsapp Web, laman tersebut akan menampilkan akun Whatsapp Anda. Tepatnya di bagian daftar chat.

iOS

Prinsip login Whatsapp Web dari perangkat iOS sebenarnya sama, yaitu scan barcode untuk mengubungkan dua perangkat. Namun ada langkah yang sedikit berbeda dibandingkan dengan Android. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  • Buka aplikasi Whatsapp di laptop atau kunjungi whatsapp.com melalui browser.
  • Di laman tersebut akan tersedia QR Code.
  • Selanjutnya, buka Whatsapp di iPhone milik Anda.
  • Buka menu Settings.
  • Setelah itu klik pada opsi Whatsapp Web/Desktop.
👉 Trending  6 Cara Melacak HP Hilang Berbagai Tutorial (Imei, Gmail, No HP, GPS, dll)

Setelah-itu-klik-pada-opsi-Whatsapp-Web-Desktop

  • Gunakan kamera untuk scan QR Code yang tampil di layar laptop.
  • Tunggu beberapa saat sampai kedua perangkat terhubung.

Tampilan Whatsapp Web dari iOS tidak memiliki perbedaan apa pun dengan tampilan WA Web yang dihubungkan dengan Android.

3. Mengirim Pesan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan setelah berhasil login di Whatsapp Web adalah mengirim pesan kepada kontak Anda. Berikut ini cara untuk melakukannya.

  • Di bagian kiri halaman Whatsapp Web, Anda akan melihat daftar chat room.

Di-bagian-kiri-halaman-Whatsapp-Web-Anda-akan-melihat-daftar-chat-room

  • Klik salah satu untuk memulai percakapan dengan orang atau grup.
  • Untuk mengirimkan sebuah pesan baru, Anda bisa klik ikon pesan yang ada di bagian atas.
  • Kemudian ketik nama kontak yang ada ajak untuk chatting.
  • Ketik pesan di kotak bertuliskan Type a message.
  • Tambahkan emoji untuk membuat pesan menjadi lebih hidup dengan mengeklik ikon yang ada di sebelah kiri kolom untuk pesan.

Tambahkan-emoji-untuk-membuat-pesan-menjadi-lebih-hidup

  • Untuk mengirim pesan yang sudah dietik, klik pada ikon kirim yang ada di sebelah kanan kotak tersebut.
  • Anda juga bisa menggunakan tombol Enter di keyboard.

4. Mengirim Foto

Whatsapp sering digunakan untuk mengirimkan gambar. Hal ini juga bisa Anda lakukan menggunakan WA Web. Berikut ini tutorialnya.

  • Buka room chat di Whatsapp web, sama seperti ketika Anda akan mengirimkan pesan.
  • Klik ikon paper clip atau attach di sebelah kiri kolom teks.
  • Kemudian klik ikon Photos & Videos.
👉 Trending  Cara Pindai Kata Sandi Anda yang Tersimpan di Chrome untuk Menemukan & Mengganti Info Masuk yang Disusupi

Kemudian-klik-ikon-Photos-Videos

  • Pilih file dari penyimpanan di PC atau laptop. Di sini Anda bisa memilih beberapa file sekaligus.
  • Anda juga bisa memilih file gambar terlebih dahulu melalui pengelola file, kemudian menyeretnya ke laman Whatsapp Web dan meletakannya di room chat.
  • Ketik pesan atau keterangan jika diperlukan.
  • Klik pada ikon kirim.

Sebagai informasi, gambar yang Anda kirimkan melalui Whatsapp Web tidak tersimpan di memori penyimpanan handphone. Jika ingin menyimpan file tersebut, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu.

5. Mengirim File dan Dokumen

Terkadang Anda perlu mengirimkan dokumen berupa file PDF, Word, atau Excel kepada rekan kerja. Supaya lebih praktis, gunakan saja Whatsapp Web. Cara ini lebih disarankan daripada harus memindahkan file ke handphone kemudian mengirimkannya.

Cara untuk mengirimkan dokumen melalui Whatsapp Web sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara mengirimkan gambar.

  • Pertama, pilih kontak atau grup yang akan dikirimi file terlebih dahulu.
  • Setelah itu, klik pada ikon Attach.
  • Kali ini pilih ikon Document.

Kali-ini-pilih-ikon-Document

  • Kemudian Anda akan diarahkan ke pengelola file untuk memilih dokumen yang akan dikirimkan. Di sini Anda bisa mengirimkan file jenis apa pun.
  • Klik ikon kirim untuk mengirimkan file tersebut kepada penerima.

6. Mengirim Kontak

Kontak Whatsapp yang tersimpan di smartphone juga dapat dikirimkan melalui Whatsapp Web. Anda tak perlu membuka handphone untuk mengirimkan kontak seseorang. Caranya sangat mudah, seperti berikut ini.

  • Pilih salah satu kontak atau grup kemudian klik untuk membuka room chat.
  • Klik pada ikon paper clip (attach) lalu pilih Contact.
👉 Trending  6 Cara Atasi USB Device Not Recognized

Klik-pada-ikon-paper-clip-attach-lalu-pilih-Contact

  • Layar akan menampilkan daftar kontak yang Anda miliki. Scroll untuk menemukan nama yang dimaksud.
  • Untuk mempermudah, Anda bisa mengetik nama di kolom Search.

Untuk-mempermudah-Anda-bisa-mengetik-nama-di-kolom-Search

  • Klik kotak yang ada di samping nama untuk memilih kontak. Di sini Anda memilih lebih dari satu kontak.
  • Klik ikon Send untuk mengirimkan kontak tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa kontak yang bisa dikirimkan melalui Whatsapp Web hanyalah kontak Whatsapp. Jadi, nomor yang tersimpan di buku telepon Anda namun tidak terdaftar di Whatsapp tidak bisa dideteksi oleh WA Web.

7. Menggunakan Kamera

Laptop dan PC biasanya sudah dilengkapi dengan webcam. Anda bisa memanfaatkan kamera tersebut untuk merekam video atau memotret kemudian mengirimkan hasilnya melalui Whatsapp. Berikut ini tutorial menggunakan kamera di Whatsapp Web.

  • Seperti biasa, pilih salah satu kontak atau grup yang menjadi tujuan.
  • Kemudian klik pada ikon Attach.
  • Pilih ikon Camera.

Pilih-ikon-Camera

  • Berikan izin penggunaan kamera dengan mengeklik tombol Allow.

Berikan-izin-penggunaan-kamera-dengan-mengeklik-tombol-Allow

  • Setelah itu, Anda bisa merekam video atau mengambil foto.
  • Untuk mengirimkan hasilnya, klik pada ikon kirim seperti biasa.

Fitur ini hanya bisa digunakan untuk laptop atau PC yang sudah dilengkapi dengan kamera. Jika perangkat Anda belum memiliki kamera, maka fitur ini juga tak bisa dipakai.

8. Mengaktifkan Dark Mode

Secara default, Whatsapp Web memiliki tampilan bertema light atau terang dengan warna hijau putih khas WA. Jika bosan dengan tampilan tersebut, Anda bisa mengaktifkan Dark Mode. Caranya tidak begitu sulit, Anda cukup mengikuti panduan yang ada di bawah ini.

  • Pastikan Anda sudah membuka Whatsapp Web dan login.
  • Kemudian klik ikon titik 3 yang ada di bagian kiri atas halaman WA Web untuk menampilkan menu.
  • Pilih menu Settings.
  • Klik Theme.
👉 Trending  Cek Pulsa Telkomsel

Klik-Theme

  • Pilih Dark lalu klik tombol OK.
  • Anda juga bisa mengganti wallpaper chat dengan mengeklik menu Chat Wallpaper.
  • Pilih warna yang Anda sukai.

Pilih-warna-yang-Anda-sukai

  • Jika ingin menambahkan doodle art, Anda bisa klik pada opsi Add Whatsapp Doodles.

Jika sudah bosan dengan tampilan tersebut, Anda bisa menggantinya lagi dengan cara yang sama. Namun pengaturan ini akan hilang jika Anda logout dari WA Web.

9. Video Call Sampai 50 Orang

Sejak pandemi Covid 19 hadir di dunia, semua aktivitas dialihkan ke online platform, termasuk rapat. Anda bisa melakukan rapat online menggunakan Whatsapp dengan peserta mencapai 50 orang. Hal ini bisa terjadi karena Whatsapp sudah terintegrasi dengan Messenger Rooms.

Messenger Rooms merupakan salah platform tele conference yang dimiliki oleh Facebook. Mengingat Whatsapp juga ada di bawah naungan Facebook, integrasi ini bukan hal yang aneh. Belum paham bagaimana cara agar bisa video call menggunakan fitur tersebut? Simak tutorialnya berikut ini.

  • Pastikan Anda sudah login di Whatsapp Web.
  • Klik ikon titik tiga untuk menampilkan menu.
  • Pilih opsi Create a Room.
  • Di layar akan tampil pesan konfirmasi, pilih opsi Continue in Messenger.

Di-layar-akan-tampil-pesan-konfirmasi-pilih-opsi-Continue-in-Messenger

  • Anda diminta untuk login menggunakan akun Facebook atau Messenger. Masukkan nomor telepon atau email dan kata sandi lalu klik Lanjutkan.
  • Buat rooms sesuai dengan instruksi yang ada di layar sampai Anda mendapatkan link atau URL.
  • Copy link tersebut dan bagikan kepada teman atau rekan Anda yang akan menjalankan rapat atau pertemuan secara online.
  • Tunggu sampai teman-teman Anda bergabung dan pertemuan bisa dimulai.
👉 Trending  7 Cara Blokir Nomor HP

Menggunakan Messenger Rooms untuk pertemuan online lebih menguntungkan karena gratis. Meskipun pengguna tak perlu membayar, namun tak ada batasan waktu yang ditetapkan. Jadi, Anda bisa menggunakan fitur tersebut sepuasnya.

10. Logout

Tutorial terakhir yang akan dibahas adalah cara untuk logout atau keluar dari Whatsapp Web. Untuk log out, Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu melalui Whatsapp Web dan Smartphone. Berikut ini tutorial untuk log out Whatsapp Web dari browser atau aplikasi di laptop.

  • Klik ikon tiga titik untuk menampilkan menu di Whatsapp Web.
  • Pilih menu log out yang ada di paling bawah.

Pilih-menu-log-out-yang-ada-di-paling-bawah

  • Tunggu beberapa saat sampai proses log out berhasil. Anda akan kembali melihat tampilan QR Code setelah berhasil log out.

Untuk keluar dari Whatsapp Web menggunakan aplikasi di smartphone, Anda bisa menyimak tutorial yang ada di bawah.

  • Buka aplikasi Whatsapp.
  • Klik pada ikon titik tiga lalu pilih menu Whatsapp Web.
  • Jika menggunakan iPhone, buka menu Settings lalu pilih Whatsapp Web.
  • Di halaman tersebut tertera perangkat yang terhubung dengan akun Whatsapp Anda.
  • Klik pada salah satu perangkat yang terhubung.
  • Klik tombol Log out.

Klik-tombol-Log-out

  • Jika ingin keluar dari semua perangkat sekaligus, klik pada opsi Log out from all devices.

Shortcut di Whatsapp Web

Shortcut-di-Whatsapp-Web

Tak banyak orang yang tahu kalau Whatsapp Web sebenarnya memiliki beberapa shortcut kombinasi tombol. Shortcut tersebut berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam memakai fitur tersebut. Anda bisa melihat kombinasi tombol beserta kegunaannya pada tabel berikut.

👉 Trending  Cara Pindai Kata Sandi Anda yang Tersimpan di Chrome untuk Menemukan & Mengganti Info Masuk yang Disusupi
Tombol 1 Tombol 2 Tombol 3 Kegunaan
CTRL N Memulai sebuah percakapan atau chat baru.
CTRL Shift ] Membuka chat berikutnya.
CTRL Shift [ Membuka chat sebelumnya.
CTRL E Mengarsipkan chat.
CTRL Shift M Mute atau membisukan sebuah chat.
CTRL Backspace Menghapus sebuah chat.
CTRL Shift U Menandai sebuah pesan belum dibaca.
CTRL Shift N Membuat sebuah grup baru.
CTRL P Membuka profil

Selain shortcut berupa kombinasi tombol seperti di atas, ada juga shortcut lain untuk menemukan emoji. Anda bisa menggunakan tombol Search Emoji kemudian mengetik nama emoji yang akan digunakan. Dengan cara ini, Anda dapat menemukan emoji dengan lebih cepat.

WA Web memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Setelah memahami penjelasan di atas, Anda tentu sudah mengetahui berbagai manfaat Whatsapp Web serta cara menggunakannya. Tak perlu ragu lagi, Anda bisa mencobanya sekarang juga.

 

  1. Cara Downgrade Android

  2. GB WhatsApp Pro

  3. 6 Cara Mengetahui Handphone/WA Disadap Orang Lain

  4. 6 Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga/Orang Lain

  5. 6 Cara Download Video Facebook

  6. 3 Cara Download Video di Youtube